PENGANTAR TEKNOLOGI GAME
Tugas ke 4 Game engine technology
Nama : Sandra
Wulansari
NPM : 58410924
Kelas : 3IA12
Jurusan : Teknik
Informatika
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2013
A. Game Engine
Game
engine merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan
perangkat lunak lain contohnya game authoring software, game creator tool,
software pembuat game, dan sebagainya. Dulu, hampir semua perusahaan game
memiliki game engine mereka sendiri. Sekarang terdapat beberapa developer menciptakan
game engine yang terbuka karena game engine yang makin modern terus bertambah,
mulai dirasa terlalu mahal untuk dikembangkan lebih lanjut.. Sebagai contoh
adalah id Tech dan Unreal Engine. Game engine yang dijual dan di franchise kan
secara umum disebutkan dengan middleware.
Game
engine dibagi ke dalam dua bagian besar, yaitu API (application programming
interfaces ) dan SDK. API merupakan bagian dari operating system, services dan
libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan,
dalam hal ini conthnya DirectX. SDK sendiri merupakan kumpulan dari libraries
dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan
operating system dan service yang sama. Biasanya game engine menyertakan
keduanya.
Jenis-jenis
Game engine untuk Freeware game engine/open source Blender (Cenderung bersifat
3d) adalah Golden T Game Engine, DXFramework, Ogre 3D, Aleph On dan Irrlicht.
Serta jenis Game engine untuk Commercial engines/game engine berbayar
(komersial) adalah Alamo, A.L.I.V.E, BigWorld, DXStudio, Dunia Engine, Euphoria
dan GameStudio. Pada artikel ini membahas game engine pada OGRE 3D.
B. Game Engine Ogre
OGRE
(Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah engine yang object oriented
dan flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta
didesain untuk mampu men-developer dengan intuitif dan mudah kepada aplikasi
produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran
abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta
menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class object yang lebih
tinggi. OGRE mempunyai banyak komuniti yang aktif, salah satunya
sourceforge.net yang berdiri sejak Maret 2005. Beberapa karyanya yang sudah ada
dan dikomersialkan diantaranya game Ankh, Azathoth, & Pasific Strom. Serta
baru-baru ini muncul lagi gamenya, yaitu Eihoth 1.4.9 yang rilis pada Mei 2008.
Rilisnya dibawah istilah GNU Lesser General Public License.
Ogre
berjalan pada berbagai tools graphics 3D yang sesuai compatible dengan Ogre,
meskipun performa pasti akan berbeda-beda. Ogre didukung C + + compiler
(misalnya VisualStudio atau Code:: Blocks / MinGW). Akhirnya, akan diperlukan
sebuah tempat untuk isi program 3D. Ogre dijalankan dengan script C++, namun
dapat pula dengan bahasa lainnya yaitu pada Python (Python-Ogre), Jawa (Ogre4j)
dan untuk. NET languages – C # dan VB.NET – (MOGRE). Ogre adalah sebuah
komponen dalam pengembangan yang lebih besar.
OGRE
mempunyai banyak komuniti yang aktif, salah satunya sourceforge.net yang
berdiri sejak Maret 2005. Beberapa karyanga yang sudah ada & dikomersialkan
diantaranya game Ankh, Azathoth, & Pasific Strom. Serta
baru-baru ini muncul lagi gamenya, yaitu Eihoth 1.4.9 yang rilis pada Mei 2008.
Rilisnya dibawah istilah GNU Lesser General Public License.
OGRE
hanyalah rendering engine. Seperti pada engine lainnya, hanya saja OGRE pada
umumnya hanya sebagai graphic rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya
khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain.
Ini bukanlah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development /
simulasi, OGRE tidak menyediakan audio / physics support.
Pada
umumnya ini bisa dikatakan sebagai kelemahan utama dari OGRE, tetapi itu setara
setelah melihat kemampuan grafis ada engine ini. Kemempuan utama OGRE adalah
graphics engine yang bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk
menggunakan physics apapun, input, audio, & library lainnya. OGRE
memberikan para tim development untuk fokus pada graphics daripada beberapa
sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE dapat mensuport OIS, SDL,
dan CEGUI libraries.
Sekarang
ini OGRE adalah publish dibawah dua lisensi, yaitu LGPL & OUL. Maka
sekarang ini para publish tersebut membuka OGRE sebagai free / open-source
software.
C. Game Engine Irrlicht
IRRLICHT
adalah platform 3D engine yang kenceng dan open source.dibawah lisensi
libpng/zlib.Dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ tetapi juga dapat
menggunakan beberapa bahasa pemrograman lain yang dikembangkan oleh komunitas.
Pengembangan IRRLICHT didasarkan pada dua jenis bagian rendering API yaitu
DirectX ,OpenGL dan dua bagian software render. IRRLICHT didesain dengan
filosofi ringan, sederhana namun tetap merupakan sebuah grafik engine yang
powerfull, serta memberikan kemudahan untuk dipelajari dibandingkan dengan
engine yang ada saat ini akan tetapi tidak mengorbankan kualitas dari grafik
engine ini.
IRRLICHT
adalah grafik engine dan bukan game engine (jadi jangan menyalah artikan
sebagai game engine), dedesain dengan beberapa fasilitas yaitu simple collision
detection dan user input berupa keyboard/mouse/joystick, tidak disebut sebagai
game engine karena tidak dilengkapi dengan fasilitas AI ,path finding, sound
(see irrKlang), networking dan fasilitas yang lain seperti yang terdapat di
dalam paket game engine pada umumnya. Meskipun tidak mendukung fasilitas untuk
kelengkapan segabai sebuah game engine tetapi IRRLICHT mempunyai fondasi yang
kuat untuk dikembangkan sebagai sebuah game engine karena mempunya grafik
render yang powerfull dan ini adalah bagian yang paling penting untuk membuat
sebuah game yang berkualitas.
Berdasarkan
pada lisensi yang dimiliki oleh IRRLICHT, kita bisa menggunakan source code dan
memodifikasinya “You never have to release to the
public any programs you make, any changes you make to the engine, or pay
royalties. The engine is free to use for commercial use without debilitating
restriction. Of course the community would be happy to receive any donation of
code you would be willing to make”.
Referensi
:
http://magetagame.wordpress.com/2-game-engine/ogre/
Waktu akses : 5 juni 2013, pukul 10:40
http://resariski.wordpress.com/2011/03/10/pengenalan-ogre/
Waktu akses : 5 juni 2013, pukul 10:35
http://artha17.blogspot.com/2011/04/pengertian-jenis-dan-contoh-game-engine.html
Waktu akses : 5 juni 2013, pukul 10:37
http://magetagame.wordpress.com/2-game-engine/ogre/
Waktu akses : 5 juni 2013, pukul 09:42
http://afinaa.wordpress.com/2010/06/23/game-engine-ogre-vs-delta-part-1/
Waktu akses : 5 juni 2013, pukul 09:47
http://rusda-z3.blogspot.com/2011/03/game-engine-introduction.html
Waktu akses : 5 juni 2013, pukul 10:55
0 comments:
Post a Comment