Wednesday, June 5, 2013

Game engine technology

Posted by Unknown at 6/05/2013 10:56:00 AM

PENGANTAR TEKNOLOGI GAME
Tugas ke 4 Game engine technology
 








Nama                    : Sandra Wulansari
NPM                     : 58410924
Kelas                 : 3IA12
Jurusan                : Teknik Informatika





UNIVERSITAS GUNADARMA
2013

A.   Game Engine
Game engine merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan perangkat lunak lain contohnya game authoring software, game creator tool, software pembuat game, dan sebagainya. Dulu, hampir semua perusahaan game memiliki game engine mereka sendiri. Sekarang terdapat beberapa developer menciptakan game engine yang terbuka karena game engine yang makin modern terus bertambah, mulai dirasa terlalu mahal untuk dikembangkan lebih lanjut.. Sebagai contoh adalah id Tech dan Unreal Engine. Game engine yang dijual dan di franchise kan secara umum disebutkan dengan middleware.
Game engine dibagi ke dalam dua bagian besar, yaitu API (application programming interfaces ) dan SDK. API merupakan bagian dari operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan, dalam hal ini conthnya DirectX. SDK sendiri merupakan kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan service yang sama. Biasanya game engine menyertakan keduanya.
Jenis-jenis Game engine untuk Freeware game engine/open source Blender (Cenderung bersifat 3d) adalah Golden T Game Engine, DXFramework, Ogre 3D, Aleph On dan Irrlicht. Serta jenis Game engine untuk Commercial engines/game engine berbayar (komersial) adalah Alamo, A.L.I.V.E, BigWorld, DXStudio, Dunia Engine, Euphoria dan GameStudio. Pada artikel ini membahas game engine pada OGRE 3D.

B.   Game Engine Ogre
OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah engine yang object oriented dan flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain untuk mampu men-developer dengan intuitif dan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class object yang lebih tinggi. OGRE mempunyai banyak komuniti yang aktif, salah satunya sourceforge.net yang berdiri sejak Maret 2005. Beberapa karyanya yang sudah ada dan dikomersialkan diantaranya game Ankh, Azathoth, & Pasific Strom. Serta baru-baru ini muncul lagi gamenya, yaitu Eihoth 1.4.9 yang rilis pada Mei 2008. Rilisnya dibawah istilah GNU Lesser General Public License.
Ogre berjalan pada berbagai tools graphics 3D yang sesuai compatible dengan Ogre, meskipun performa pasti akan berbeda-beda. Ogre didukung C + + compiler (misalnya VisualStudio atau Code:: Blocks / MinGW). Akhirnya, akan diperlukan sebuah tempat untuk isi program 3D. Ogre dijalankan dengan script C++, namun dapat pula dengan bahasa lainnya yaitu pada Python (Python-Ogre), Jawa (Ogre4j) dan untuk. NET languages – C # dan VB.NET – (MOGRE). Ogre adalah sebuah komponen dalam pengembangan yang lebih besar.
OGRE mempunyai banyak komuniti yang aktif, salah satunya sourceforge.net yang berdiri sejak Maret 2005. Beberapa karyanga yang sudah ada & dikomersialkan diantaranya game Ankh, Azathoth, & Pasific Strom. Serta baru-baru ini muncul lagi gamenya, yaitu Eihoth 1.4.9 yang rilis pada Mei 2008. Rilisnya dibawah istilah GNU Lesser General Public License.
OGRE hanyalah rendering engine. Seperti pada engine lainnya, hanya saja OGRE pada umumnya hanya sebagai graphic rendering. Dengan kata lain fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matrix classes, memory handling, dan lain-lain. Ini bukanlah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development / simulasi, OGRE tidak menyediakan audio / physics support.
Pada umumnya ini bisa dikatakan sebagai kelemahan utama dari OGRE, tetapi itu setara setelah melihat kemampuan grafis ada engine ini. Kemempuan utama OGRE adalah graphics engine yang bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics apapun, input, audio, & library lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk fokus pada graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE dapat mensuport OIS, SDL, dan CEGUI libraries.
Sekarang ini OGRE adalah publish dibawah dua lisensi, yaitu LGPL & OUL. Maka sekarang ini para publish tersebut membuka OGRE sebagai free / open-source software.


C.   Game Engine Irrlicht
IRRLICHT adalah platform 3D engine yang kenceng dan open source.dibawah lisensi libpng/zlib.Dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ tetapi juga dapat menggunakan beberapa bahasa pemrograman lain yang dikembangkan oleh komunitas. Pengembangan IRRLICHT didasarkan pada dua jenis bagian rendering API yaitu DirectX ,OpenGL dan dua bagian software render. IRRLICHT didesain dengan filosofi ringan, sederhana namun tetap merupakan sebuah grafik engine yang powerfull, serta memberikan kemudahan untuk dipelajari dibandingkan dengan engine yang ada saat ini akan tetapi tidak mengorbankan kualitas dari grafik engine ini.
IRRLICHT adalah grafik engine dan bukan game engine (jadi jangan menyalah artikan sebagai game engine), dedesain dengan beberapa fasilitas yaitu simple collision detection dan user input berupa keyboard/mouse/joystick, tidak disebut sebagai game engine karena tidak dilengkapi dengan fasilitas AI ,path finding, sound (see irrKlang), networking dan fasilitas yang lain seperti yang terdapat di dalam paket game engine pada umumnya. Meskipun tidak mendukung fasilitas untuk kelengkapan segabai sebuah game engine tetapi IRRLICHT mempunyai fondasi yang kuat untuk dikembangkan sebagai sebuah game engine karena mempunya grafik render yang powerfull dan ini adalah bagian yang paling penting untuk membuat sebuah game yang berkualitas.
Berdasarkan pada lisensi yang dimiliki oleh IRRLICHT, kita bisa menggunakan source code dan memodifikasinya You never have to release to the public any programs you make, any changes you make to the engine, or pay royalties. The engine is free to use for commercial use without debilitating restriction. Of course the community would be happy to receive any donation of code you would be willing to make.





Referensi :
http://magetagame.wordpress.com/2-game-engine/ogre/ Waktu akses : 5 juni 2013, pukul 10:40
http://resariski.wordpress.com/2011/03/10/pengenalan-ogre/ Waktu akses : 5 juni 2013, pukul 10:35
http://magetagame.wordpress.com/2-game-engine/ogre/ Waktu akses : 5 juni 2013, pukul 09:42




0 comments:

Post a Comment

 

sandraaws Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review