Merupakan program-program komputer dan dokumentasi yang berkaitan,
Produk perangkat lunak dibuat untuk pelanggan tertentu ataupun untuk pasar umum
Produk perangkat lunak tersebut:
- Generik – dibuat untuk dijual ke suatu kumpulan pengguna yang berbeda
- Bespoke (custom) – dibuat untuk suatu pengguna tunggal sesuai dengan spesifikasinya.
Rekayasa Perangkat Lunak:
· adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak.
· mengadopsi pendekatan yang sistematis dan terorganisir terhadap pekerjaannya dan menggunakan tool yang sesuai serta teknik yang ditentukan berdasarkan masalah yang akan dipecahkan, kendala pengembangan dan sumber daya yang tersedia
Proses Perangkat Lunak:
Sekumpulan aktifitas yang memiliki tujuan untuk pengembangan ataupun evolusi perangkat lunak.
Aktifitas generic dalam semua proses perangkat lunak adalah:
· Spesifikasi – apa yang harus dilakukan oleh perangkat lunak dan batasan/kendala pengembangannya
· Pengembangan – proses memproduksi sistem perangkat lunak
· Validasi – pengujian perangkat lunak terhadap keinginan penggunak
· Evolusi – perubahan perangkat lunak berdasarkan perubahan keinginan.
Model Proses Perangkat Lunak:
Suatu representasi proses perangkat lunak yang disederhanakan, dipresentasikan dar perspektif khusus
Contoh perspektif proses:
- Perspektif Alur-kerja (workflow) - barisan kegiatan
- Perspektif Alur Data (Data flow) – alur informasi
- Perspektif Peran/Aksi – siapa melakukan apa.
Model proses Generik:
- Waterfall (Air terjun)
- Pengembangan secara evolusi
- Transformasi formal
- Model SPiral
- Integrasi daru komponen yang reusable
Biaya rekayasa perangkat lunak:
- Sekitar 60% untuk biaya pengembangan, 40% biaya pengujian. Untuk perangkat lunak berbasis pengguna (custom), biaya evolusi biasanya melebihi biaya pengembangan.
- Biaya beragam tergantung pada tipe sistem yang akan dikembangkan dan kebutuhan sistem seperti unjuk kerja dan kehandalan sistem,
- Distribusi biaya bergantung pada model pengembangan yang digunakan.
Metode Rekayasa Perangkat Lunak:
Pendekatan terstruktur pengembangan PL termasuk model sistem, notasi, perancangan dan petunjuk pemrosesan,
Deskripsi Model: deskripsi pemodelan dengan grafik,
Aturan: Batasan yang digunakan pada model sistem
Rekomendasi: nasihat bentuk perancangan yang baik,
Petunjuk proses: Aktifitas yang harus diikuti,
Atribut Perangkat Lunak yang baik:
· PL seharusnya memberikan pengguna kebutuhan fungsionalitas dan unjuk kerja yang dapat di rawat, berguna,
· Maintanability (Dapat Dirawat)
· PL harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan
· Dependability
· PL harus dapat dipercaya
· Efisiensi
· PL harus efisien dalam penggunaan resource
· Usability
0 comments:
Post a Comment